Senin, 28 Maret 2011

Penyuluh Perikanan Tenaga Kontrak (PPTK) V

LAPORAN PPTK BULAN NOVEMBER 2010

Pelaksanaan kegiatan oleh kami selaku Penyuluh Perikanan Tenaga Kontrak di bulan November 2010 adalah diikutsertakan bergabung dalam kepanitiaan pada kegiatan Training Program Implementation Value Capture Fisheriies (VALCAPFISH). Valcapfish adalah kerjasama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (Ditjen Perikanan Tangkap, Ditjen Pemasaran dan Pengolahan Hasil Perikanan, dan Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan) bersama Wageningen Internation Center For Development Inovation dalam bidang penanganan dan pengolahan hasil tangkapan ikan yang baik.
Kegiatan Valcapfish dimaksudkan agar produk perikanan di Indonesia akan menjadi lebih baik lagi mutunya, sehingga lebih mempunyai daya saing baik pasar dalam dan luar negeri, khususnya pasar ke Masyarakat Eropa. Melalui kegiatan ini diharapkan para nelayan dan inspektor perikanan dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam menangani ikan secara baik dan teknis inspeksi mutu di Kapal Perikanan dan Pabrik Pengolahan Ikan.
Kegiatan Valcapfish ini meliputi 5 (Lima) tahap kegiatan sebagai berikut :
 Fase 1 : Inception/ Intraduction yang dilaksanakan di Jakarta dari
tanggal 16 – 19 November 2009
 Fase 2 : Bench Marking Visit ke Malaysia (21 – 26 Maret 2009)
Orientation Visit ke Belanda (12 – 25 April 2010)
 Fase 3 : Training Frame Work Implementation
Trining Of Trainer II (6 – 11 Juni 2010) bertempat di PPS Nizam Zachman Jakarta, Pelabuhan Perikanan Nusantara Pelabuhan Ratu tanggal 4 sampai dengan 10 Agustus 2010.
 Fase 4 : Training Implementation telah dilaksanakan tanggal 3 – 8
Agustus 2010 di Pelabuhan Perikanan Nusantara Bondong, Jawa Timur dan Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari tanggal 24 sampai dengan 26 Oktober 2010.
Pada Pada tanggal 22-25 Novemebr 2010 dilaksanakan secara paralel Training Implementation di PPS Bitung dan Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan, Jawa Tengah.
Untuk tahun 2011 direncanakan Kegiatan Pelatihan Valcapfish akan dilaksanakan di 19 Pelabuhan UPT Pusat.
 Fase 5 : Establishment Of Center Of Excellent yang direncanakan akan
dilaksanakan pada tahun 2011

Pelaksanaaan Kegiatan Training Program Implementation VALCAPFISH dilaksanakan pada tanggal 22 - 25 November 2010 di Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung. Pelatihan ini diikuti oleh 25 orang yang terdiri dari nelayan kapal yang menggunakan alat tangkap Purse Seine, Pole and Line, dan Hand Line. Semua peserta nelayan berasal dari wilayah Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung. Disamping itu, terdapat juga peserta pelatihan Fish Inspector yang di ikuti oleh 15 orang terdiri dari pengawas mutu di PPS Bitung, P2SDKP, Laboratorium Pengujian Mutu Hasil Perikanan Provinsi Sulawesi Utara, Dinas Perikanan Kota Bitung, Dosen Pengajar Akademi Perikanan Bitung, dan Pabrik Pengolahan Ikan yag ada di Kota Bitung. Pelatihan dibuka oleh Kepala Pelabuhan perikanan Samudera Bitung (Ir. Mian Sitanggang, MBA).

Pelatih yang memberikan materi dalam kegiatan pelatihan ini berjumlah 5 (lima) orang yaitu : Ir. Samuel Hamel, M.Si (Direktur Akademi Perikanan Bitung), Suharto, S.Pi, M.Si (Lektor Kepala Kelompok Fungsional, STP Jakarta), Lumpat Sormin, A.Pi (Kepala Bagian Tata Usaha, PPS Bitung), Iketut Sumandiarsa, S.St.Pi (Pelaksana Subbagian TU, STP Jakarta), dan Lukman Nur Hakim, S.Pi (Staf Direktur Pelabuhan, Jakarta).

Kurikulum/ materi pelatihan yang diberikan berupa meteri di dalam kelas dan praktek di luar. Adapun materi yang diberikan di dalam kelas yaitu : Penanganan Ikan yang baik di atas Kapal dan saat Pembongkaran (Fish handling on board and offloading), Personal Higine (Personal Hygiene), Penilaian Mutu Ikan secara organoleptik (Identification of fish quality by using organoleptic testing), dan Metode pengesan ikan (Fish icing method).

Sedangkan praktek yang dilakukan yaitu : Praktek penilaian organoleptik ikan (Exercise in assessing organoleptic of fish), Praktek Penanganan Ikan yang baik di atas Kapal dan saat Pembongkaran (Practical of Good Handling on Board and during unloading), dan Praktek Penilaian Mutu Ikan secara organoleptik (Identification of fish quality by using organoleptic testing (continuation).

Tidak ada komentar: